Wednesday 21 December 2016

Kerusakan Monitor

Tags



Monitor merupakan komponen output yang digunakan untuk menampilkan teks atau gambar ke layar sehingga dapat dinikmati oleh pemakai, kerusakan yang sering terjadi pada monitor biasanya :

1.  Monitor tidak mau menyala.

Pada saat proses booting komputer, tombol power yang terdapat pada monitor sudah ditekan tetapi monitor tetap gelap dan tidak mau menyala. jika masalahnya monitor tidak menyala, maka prosedur yang akan dilakukan adalah :

  • pastikan bahwa tombol power dalam keadaan ON.
  • jika lampu indikator tidak menyala, lihat kabel power baik pada monitor maupun ke arah outlet listrik,     pastikan bahwa pemasangan sudah benar.
  • apabila tidak menyala, gantilah dengan kabel power yang lain.
  • jika lampu indikator pada monitor hidup dan berwarna orange atau berkedip - kedip, cek akabel video yang menghubungkan monitor dengan CPU apakah sudah terpasang dengan baik dan benar. pastikan sudah terpasang dengan baik dan benar.
  • apabila dalam pengecekan di atas masalah ini tetap tidak teratasi berarti ada problem pada sinyal video board adapter crt.
2. Monitor menjadi gelap saat loading Windows.
 
masalah lain yang biasa timbul adalah monitor menjadi gelap saat loading windows, kemungkinan besar di sebabkan karena setup driver untuk monitor tidka tepat. yang sering terjadi adalah karena dalam keadaaan on screen display setting. setting frekuensi terlalu tinggi. untuk mengatasinya :
 
  • lakukan booting windows dalam keadaan safe mode dengan cara menekan f8 saat komputer loading windows.
  • lakukan instalasi ulang driver VGA Card, setelah itu pilih jenis monitor yang cocok akan menentukan frekuensi maksimal yang ditampilkan windows. 
3. Ukuran tampilan tidak sesuai dengan keinginan.

Masalah lain yang biasa timbul pada monitor adalah ukuran tampilan tidak sesuai dengan keinginan, terdafat font, ikon, menu dan semua tampilan pada monitor terlalu besar atau malah terlalu kecil. hal tersebut di atas berhubungan dengan resolusi monitor yang mungkin terlalu tinggi. ataupun terlalu rendah sesuai dengan selera pengguna. untuk mengubahnya, bisa melalu display properties. cara adalah:
  • lakukan klik kanan di sembarang tempat di desktop. kemudian akan muncul beberapa menu dan pilhan properties. maka akan mucul kotak dialaog seperti gambar di bawah ini.
     
  •  kemudian aturlah display dan resolution sesuai dengan kemampuan komputer dan keinginan anda.
4. Tampilan monitor tampak buram

Masalah lain adalah tampilan pada monitor tampak buram dan kontras warna tidak bisa di atur secara maksimal. hal itu cukup mengganggu meskipun secara umum komputer bekerja dengan baik dan tidak banyak gangguan, permsalahan ini sering terjadi pada monitor yang berusia lebih dari tiga tahun.untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena berhubungan dengan komponen - komponen eletronika didalam monitor, maka akan lebih baik jika berkomunkasi langsung dengan ahlinya.

Monitor dalam pemakaian lama akan mengalami pergeseran warna alami menjadi kebiru - biruan, kemerahan, kekuningan, dan kehijau - hijauan. apabila pada setelan monitor muncul warna - warna tidak alami, kemungkinan besar sumber masalahnya adalah pada sirkuit driver video yang berada didalam monitor.

5. Monitor seperti berkedip saat digunakan.

Pada saat komputer sedang aktif digunakan. monitor sering berkedip, kemungkinan yang pertama adalah disebabkan karena frekuensi gambar pada layar terlalu rendah, hal tersebut bisa saja terjadi karena ada masalah dengan setting refresh rate pada komputer, refresh rate merupakan kemampuan maksimal yang dilakukan monitor untuk menampilkan frame dalam satu detik, pengaturan refresh rate yang tepat akan memberikan kenyamanan pada mata yang menggunakannya. monitor yang memiliki refresh rate kecil akan membuat monitor seperti bergerak dan tidak stabil.
untuk menggunakan refresh rate perhatikan gambar berikut :

  • masuk ke display dengan klik kanan desktop dan pilih screen resolution.

  • setelah itu pilih advanced setting, sehingga terbuka gambar seperti di bawah ini.
 
Semoga Berhasil.
  


EmoticonEmoticon